RSS Feed

Struktur Pasar

Posted on

“Pasar” , di tempat inilah seorang penjual maupun pembeli bertemu untuk melakukan kegiatan ekonomik. Penjual berusaha memperoleh pendapatan dengan menjual barang atau jasanya sedangkan pembeli berusaha memenuhi kebutuhannya akan barang atau jasa. Sementara itu struktur pasar berkaitan dengan lingkungan persaingan bisnis. Untuk menentukan struktur pasar ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan :

1. Jumlah dari penjual produk tersebut

2. Tipe dari produk yang dibeli atau pun dijual .

Terkait dengan tipe produk maka terdapat dua tipe yang perlu diperhatikan : 1. apakah produk tersebut tergolong dalam tipe produk homogen? ; 2. apakah produk tergolong dalam tipe produk differensiasi

3. Tingkat mobilitas pelaku pasar (Apakah dengan mudah para produsen dapat memasuki pasar dan keluar dari pasar?)

4. Pemahaman terhadap penentuan kos dan harga dari produk

Setiap perusahaan memerlukan pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam menentukan harga dari produknya, Apakah perusahaan ingin bersaing dengan harga produk yang murah? atau Apakah perusahaan ingin menggunakan harga yang mahal dalam bersaing karena memang  konsumen-konsumennya adalah konsumen  loyal yang tidak memperhatikan harga? Kedua keputusan yang berkaitan dengan harga tersebut tergantung pada pemahaman pelaku usaha terhadap lingkungan bersaingnya.

5. Tingkat permintaan dan penawaran

Berdasarkan informasi yang didapat dari websitenya INDOSKRIPSI, secara umum struktur pasar dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu :

1. Persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna ditunjukkan dengan adanya perusahaan dengan jumlah yang besar dalam sebuah pasar, perusahaan-perusahaan tersebut bertindak sebagai penerima harga, perusahaan tersebut bebas untuk keluar masuk pasar, produk bersifat homogen, penjual dan pembeli mempunyai informasi tentang pasar.

!! Perlu diketahui bahwa pada pasar yang nyata tidak pernah ada ” Pasar persaingan sempurna” terkait dengan tipe produk perlu ditekankan bahwa tidak pernah ada produk yang benar-benar identik.

2. Monopoli

Ciri utama dari struktur pasar monopoli ini : dalam sebuah pasar terdapat satu perusahaan penjual, perusahaan penjual bertindak sebagai penentu harga, tidak terdapat peluang bagi pelaku usaha lainnya untuk memasuki pasar, produknya termasuk dalam tipe  differensiasi, terkait dengan usaha meningkatkan permintaan penjual tidak begitu memerlukan promosi.

3. Persaingan Monopolistik

Dalam struktur pasar persaingan monopolistik ini dalam pasar terdapat banyak penjual, penjual memiliki keleluasaan yang terbatas dalam menentukan harga, barang-barang yang terdapat dalam pasar tergolong dalam tipe barang differensiasi, pelaku pasar dapat dengan mudah keluar masuk pasar, dan untuk meningkatkan permintaan konsumen diperlukan promosi yang sangat aktif.

4. Oligopoli

Dalam struktur pasar oligopoli, pasar terdiri dari minimal dua perusahaan penjual, tipe barang yang diperjual belikan bisa tergolong tipe homogen atau pun diferensiasi, kekuatan dalam menentukan harga kadang kuat tetapi terkadang  juga lemah, hambatan bagi masuknya pelaku baru cukup besar, dan promosi diperlukan untuk meningkatkan permintaan.

About f12n

I'm sexy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: